Keutamaan Surah Al Ikhlas


  KEUTAMAAN SURAH AL IKHLAS SECARA UMUM

  • Membaca Surah Al Ikhlas Sebanding Dengan Sepertiga Al Qur`an 
    • Hadits Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu berkata: “Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca surah Al Ikhlas dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surah itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya surah itu sebanding dengan sepertiga Al Qur'an”. (HR al Bukhari, 4/1915 no. 4726 )
    • Hadits Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada para sahabatnya: “Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga Al Qur'an dalam satu malam (saja)?” Hal itu membuat mereka keberatan, (sehingga) mereka pun berkata: “Siapa di antara kami yang mampu melalukan hal itu, wahai Rasulullah?” Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allahul Wahidush Shamad (surah Al Ikhlas), adalah sepertiga Al Qur`an”. (HR al Bukhari, 4/1916 no. 4727)
    • Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Berkumpullah kalian, karena sesungguhnya aku akan membacakan kepada kalian sepertiga Al Qur'an,” maka berkumpullah orang yang berkumpul, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dan membaca surah Al Ikhlas, kemudian beliau masuk (kembali). Maka sebagian dari kami berkata kepada sebagian yang lain: “Sesungguhnya aku menganggap hal ini kabar (yang datang) dari langit, maka itulah pula yang membuat beliau masuk (kembali),” lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dan bersabda: “Sesungguhnya aku telah berkata kepada kalian akan membacakan sepertiga Al Qur'an. Ketahuilah, sesungguhnya surah itu sebanding dengan sepertiga Al Qur'an”.(HR Muslim, 1/557, no. 812)
Share on Google Plus

About Nur Anisah SH MSi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 coment�rios:

Posting Komentar