Anjuran Meringankan Shalat Bagi Imam



بسم الله الرحمن الرحيم

كتاب الإمامة
ما على الإمام من التخفيف

أَخْبَرَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ أَبِيهِ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ *إِنِّي لَأَقُومُ فِي الصَّلَاةِ فَأَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ فَأُوجِزُ فِي صَلَاتِي كَرَاهِيَةَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمِّهِ* رواه النسائي

Artinya:
......dari Abdullah bin Abu Qatadah dari bapaknya (w. 54 H) dari Nabi Shallallahu 'alihi wasallam bersabda: "Aku sedang berdiri saat shalat, lalu kudengar tangis anak kecil, maka aku pendekkan shalatku. karena aku tidak suka memberatkan (menyusahkan) ibunya." HR. An-Nasai (w. 303 H)

Istifadah
Islam merupakan agama yang sempurna yang sangat menghargai status sosial bagi pemeluknya, begitu juga dalam masalah ibadah. Dalam realita yang ada Rasulullah Saw, dalam mengemban amanahnya tidak menuntut umatnya untuk beribadah secara sempurna, bahkan Rasulullah sendiri yang mengajarkannya, seperti halnya saat beliau menjadi Imam.

Menurut Imam Al-Sindi dalam kitab _syarh sunan al-nasai_ berpendapat bahwa sudah sangat jelas Rasulullah Saw meringankan bacaannya dalam shalat tatkala beliau mendengar tangisan anak kecil, beliau juga menambahkan bahwa Rasullullah juga pernah memanjangkan bacaannya saat shalat agar para jamaah tidak masbuq dan mengetahui bilangan shalat.

Dalam segi hukum hadis tersebut menerangkan bahwa para kaum hawa saat zaman Rasulullah Saw berjamaah di Masjid karena hal tersebut sangat dianjurkan. Sehingga bagi para wanita, tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak berjamaah di Masjid, sedangkan kalau hanya sekedar shalat sunnah beliau tidak menganjurkan untuk shalat di masjid.

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]
Share on Google Plus

About Nur Anisah SH MSi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 coment�rios:

Posting Komentar