Puasa Rajab



بسم الله الرحمن الرحيم

كتاب الصيام
صيام النبي صلى الله عليه وسلم في غير رمضان واستحباب أن لا يخلي شهرا عن صوم

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ ح وحَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ حَكِيمٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ رَجَبٍ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِي رَجَبٍ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ *كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ*
رواه المسلم

Artinya:
....dari Utsman bin Hakim Al Anshari (w 138 H) berkata: Saya bertanya kepada Sa'id bin Jubair (w 94 H) mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan Rajab. Maka ia pun menjawab; Saya telah mendengar Ibnu Abbas (w 68 H) radhiallahu 'anhuma berkata; *Dulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa."
HR Muslim (w 261 H)

Istifadah:
Dari hadis di atas dapat kita ketahui bahwa nabi saw pernah berpuasa pada bulan rajab dan pernah juga tidak berpuasa. Imam Nawawi (w 676 H) menjelaskan, secara zahir maksud dari Sa'id ibn Jubair menyampaikan hadis ini adalah beliau berdalil bahwa tidak ada larangan maupun kesunnahan khusus untuk puasa rajab.

Dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dikatakan bahwa Rasulullah saw menyunahkan berpuasa di bulan-bulan mulia (Zulqa'dah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab). Dan bulan Rajab adalah salah satu dari bulan mulia.

Maka dapat simpulkan bahwa puasa rajab adalah sunnah, karena ia termasuk bulan mulia, dan Rasulullah menganjurkan untuk memperbanyak puasa di bulan mulia. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi, tidak ada satupun hadis shahih yang mengatakan tentang keutamaan khusus berpuasa di bulan Rajab.

Wallahu a'lam

[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]
Share on Google Plus

About Nur Anisah SH MSi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 coment�rios:

Posting Komentar